Cara Membuat Asam asam Ikan Mas Rasa Mantap dan Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Asam asam Ikan Mas Rasa Mantap dan Nikmat

Menu Internasional - Beberapa waktu yang lalu kami telah membagikan berbagai resep asam asam yang dibuat dari berbagai jenis bahan dasar yang berbeda. Dua resep asam asam yang telah kita buat sebelumnya adalah Asam asam Iga Sapi dan satu lagi yang tak kalah menarik adalah Asam asam Tahu. Cara membuat asam asam sendiri sangat mudah, tidak terlalu rumit dan bahan-bahan sertabumbu-bumbunya pun sangat mudah didapatkan. Nah kali ini kita akan kembali menghadirkan resep masakan asam asam dengan bahan yang berbeda dari kedua resep sebelumnya.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu asam asam, menurut sumber yang ada asam asam merupakan masakan yang khas dan populer dari daerah Semarang Jawa Tengah. Asam asam memiliki rasa yang unik karena masakan ini merupakan kombinasi antara rasa asam, manis dan pedas, semua tercampur menjadikan kombinasi masakan sulit untuk dilupakan. Seperti nama masakannya asam Jawa merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dalam membuat masakan spesial ini. Perpaduan asam Jawa inilah yang kemudian membuat nama masakan ini menjadi asam asam.

Resep masakan yang satu ini memang cocok disajikan untuk keluarga anda maupun untuk acara non formal. Ikan mas yang merupakan bahan utama dari masakan ini akan sangat potensial menjadi bahan yang mantap untu membuat asam asam, mengingat tekstur daging ikan yang mudah menyerap bumbu sehingga membuat rasa ikan menyatu dengan bumbu asam asam. 

Nah bagi anda yang sedang ingin menyajikan atau ingin belajar memasak tak ada salahnya jika anda mencoba resep masakan asam asam ikan mas ini. Karena seperti dijelaskan di atas bahwa membuat masakan ini sangat mudah, sehingga cocok untuk anda yang baru belajar memasak. Nah resep kali ini akan tersedia di Cara Membuat Asam asam Ikan Mas Rasa Mantap dan Nikmat. Yuk kita simak dan ikuti resep berikut ini.

Cara Membuat Asam asam Ikan Mas Rasa Mantap dan Nikmat

Bahan-bahan :
  • 3 ekor ikan mas (masing-masing ikan dipotong menjadi 2)
  • 1 liter air
  • 3 batang daun bawang (potong-potong sepanjang 1cm)
  • 5 buah cabai merah besar (iris serong)
  • 4 siung bawang putih (iris serong) 
  • 5 butir bawang merah (iris serong)
  • 2 batang serai (iris serong)
  • 1 buah lengkuas ukuran ibu jari (memarkan)
  • 4 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh asam Jawa (dilarutkan menggunakan 100ml air dan saring)
  • 1 sendok teh garam
  • 200 gram buncis (potong-potong)
  • Penyedap rasa secukupnya (jika suka)
Cara Membuat Asam asam Ikan Mas Rasa Mantap dan Nikmat :
  1. Bersihkan ikan mas terlebih dahulu, lalu letakkan didasar wajan bersama dengan air, irisan bumbu, lengkuas dan daun salam, selanjutnya masak hingga air mendidih dan ikan mulai matang.
  2. Tambahkan larutan air asam Jawa, gula pasir, garam serta penyedap rasa (jika suka). Selanjutnya masukkan buncis dan lanjutkan memasak hingga ikan dan buncis benar-benar matang. Angkat masakan lalu sajikan untuk keluarga tercinta.
Nah mudah sekali membuatnya bukan? Tidak menyita banyak waktu dan hasilnya pun mudah-mudahan sesuai dengan selera anda dan keluarga. Bahan-bahan yang tersedia di atas bisa untuk disajikan kepada 4 orang anggota keluarga anda. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang